Selasa, 25 Mei 2010

Aoyama Gosho


Conan Manga pencipta Detective bernama Aoyama Yoshimasa atau lebih dikenal dengan Aoyama Gosho. Dia lahir di Daiei, Prefektur Tottori, pada tanggal 21 Juni 1963. Sejak kecil ia sudah hobi menggambar.
Setelah lulus SMU Ikuei, Aoyama menempauh pendidikan seni di Nihon University College of Art, Tokyo. Ditahun 1986, ketika masih kuliah ia mengikuti lomba manga untuk pemula dan berhasil menang. Ini menjadi jalan baginya untuk menjadi seorang mangaka.

Karya pertama Aoyama sebagai mangak profesional adalah serial manga berjudul Cotto Mattete (Wait a Minute) yang muncul pertama kali di majalah mingguan Shonen Sunday pada tahun 1987. Setelah itu ia menyiptakan Magic Kaito (Majikku Kaito) dimajalah yang sama.

Magic Kaito yang pertama terbit ditahun 1988 dan berakhir 2007 ini berkisah tentang seorang pencuri bernama Kaitou Kid. Dia menggunakan sulap sebagai aksinya. Ketika mencapai nomor 3, serial ini terhenti selama 13 tahun sampai nomor ke4 yang akhirnya dirilis Februari 2007.

Karya Aoyama yang membuat namanya terangkat adalah Yaiba (kenyu Dendetsu Yaiba) yang terbit di Shonen Sunday, 18 April 1990. Manga ini berkisah tentang petualangan samurai muda bernama Yaiba Kurogane. Serialnya berakhir pada tahun 1993 di komik nomor 24. Dengan Yaiba, Aoyama berhasil meraih Shogakukan Manga Contest pada tahun 1992. Juga Shogakukan Manga Award-Shounen di tahun 2001.

Pada tahun 1994 nama Aoyama Gosho naik daun setelah karyanya Detective Conan terbit pertama kali pada 18 Juni 1994. Dalam serial ini Kaitou Kid dari manganya terdahulu sering muncul.

Aoyama menikah dengan anggota duo Two Mix, Takashi Miyami, yang merupakan pengisi suara Conan. Mereka menikah pada tanggal 5 Mei 2005, bertepatan pada hari ulang tahun Miyami.

Menurut Aoyama, bagian tersulit saat mengerjakan Conan adalah menghindari kalimat dan kata-kata kompleks. Walaupun susah mangaka beken ini mengaku tidak pernah lelah mengerjakan Conan.


^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Don't forget for leaving your comments here guys! ^^

Designed by Animart Powered by Blogger